INDOMOBIL NISSAN MT. HARYONO

PT. Indomobil Trada Nasional, JL. MT Haryono, Kavling 10, 0812-9797-4988 / Instagram : @NISSANJAKARTA_

Menu

Tilang CCTV, Polisi ‘Tagih’ Nomor Ponsel dan Email di BPKB

Ahad/Minggu, September 23rd 2018.

Jakarta, CNN Indonesia — Setiap Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru harus disertai keterangan nomor telepon dan alamat email pemilik. Proses registrasi baru itu bakal berlaku mulai Oktober 2018 di area hukum Polda Metro Jaya.

Jenis informasi baru yang dihimpun itu merupakan upaya kepolisian mendukung Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). Selain itu, data nomor telepon dan email juga dibutuhkan untuk penerapan tilang berbasis kamera pengawas (CCTV) yang juga berlaku pada Oktober 2018.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, ada tiga persimpangan di Ibu Kota yang dipasangi CCTV. Total ada enam CCTV yang akan digunakan.

Kepala Seksi STNK Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Bayu Pratama Gubunagi, pada Kamis (20/9), menjelaskan, data nomor telepon dan alamat email akan diminta setiap registrasi kendaraan baru.

Sedangkan untuk kendaraan lama, penambahan data bakal diminta saat membayar pajak tahunan atau ketika pembaruan masa berlaku pelat nomor pada Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) setiap lima tahun sekali.

“Jadi sekarang apapun itu misalnya ada pembaharuan yang diajukan, saat pengisian data sudah ada kolom untuk telepon dan email. Hanya itu dan sisanya sama, tidak ada yang berbeda,” ujar Bayu saat dihubungi CNNIndonesia.com Kamis (20/9).

Mekanisme Tilang Kamera

Setiap pelanggaran lalu lintas yang berada di area intai CCTV akan direkam kemudian dikirim ke Ditlantas Polda Metro Jaya. Hasil tangkapan kamera itu menjadi barang bukti.

Bukti pelanggaran menjadi dasar pembuatan surat tilang yang bakal dikirim ke alamat pemilik kendaraan berdasarkan data pelat nomor yang berhasil diidentifikasi. Data nomor telepon dan alamat email dikatakan berfungsi untuk memudahkan proses tersebut.

“Jadi nanti yang menangkap pelanggar bukan lagi polisi, tapi oleh kamera CCTV berdasarkan capture,” kata Bayu. (ryh/fea)

 

INFO MOBIL BARU NISSAN

HUSEN NISSAN MT HARYONO

08121826920 WHATSAP

087783024320

sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180920103954-384-331666/tilang-cctv-polisi-tagih-nomor-ponsel-dan-email-di-bpkb

Mobil Terbaru

Best Seller

Related Article Tilang CCTV, Polisi ‘Tagih’ Nomor Ponsel dan Email di BPKB

Senin 2 Juli 2018 | Berita Hari Ini

Jakarta: Kehadiran Toyota Voxy yang diterima baik oleh konsumen Indonesia, membuat Nissan gerah. Lantaran segmen MPV kotak yang sempat dikuasainya, kini sudah berpindah tangan. Nissan yang…

Ahad/Minggu 11 Maret 2018 | Berita Hari Ini

Tangerang – Diberikan kosmetik baru, Grand Livina Special Version lebih mahal Rp 5 juta dibanding model lamanya. Penambahannya pun cukup banyak di bagian eksterior. Lantas, apakah…

Kamis 9 Mei 2019 | Berita Hari Ini

Jakarta – All New Nissan Livina menyabet gelar sebagai mobil pilihan pengunjung Telkomsel IIMS 2019. Prestasi ini meneruskan catatan manis kembarannya, yakni Mitsubishi Xpander yang…